Skip to main content

7 Distro Linux Terbaik Untuk Anda

Hmm...Anda pengguna komputer yang aktif? baik dalam bekerja ataupun cuma sekedar hobby / hiburan saja. Dan sekarang anda sudah bosan dengan sistem operasi yang anda gunakan atau anda sedang ingin mencoba sesuatu dari dunia open source? Nah.. di artikel ini saya akan mencoba memberikan referensi bagi anda yang ingin mencoba linux.

Disini saya tidak akan menjelaskan lagi apa itu Linux, saya anggap anda semua sudah tau. Linux apa ya yang paling bagus? saya yakin banyak dari anda akan menjawab pertanyaan itu dengan jawaban yang berbeda. masalahnya tidak akan pernah ada satu distro linux terbaik untuk semua orang, karena kebutuhan setiap orang cenderung unik.

Untuk membantu menemukan distro linux terbaik untuk anda, maka saya akan membaginya menjadi 7 kategori, yaitu:
  • Distro desktop terbaik
  • Distro laptop terbaik
  • Desktop Enterprise terbaik
  • Server Enterprise terbaik
  • Live CD terbaik
  • Distro Security Enhanced terbaik
  • Distro Multimedia terbaik

Distro Linux Desktop Terbaik

Ada banyak distro Linux yang fokus utamanya adalah untuk menjadi desktop terbaik selanjutnya sebagai pengganti untuk Windows atau OS X. Dari semua kategori di daftar ini, ini adalah yang paling dicari dan menjadi perdebatan dari banyak pengembang distro.

Meskipun akan sangat ideal untuk memasukkan banyak distro di daftar ini, tapi kenyataannya adalah kita hanya perlu satu yang "terbaik". Untuk awal 2010, distro itu adalah Canonical Ubuntu


Ubuntu mengungguli pesaing terdekat nya,
Fedora dan openSUSE. karena tim pengembangnya terus-menerus fokus pada pengalaman pengguna akhir / end-user experience. Canonical dan komunitas Ubuntu telah menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk memberikan kemudahan dari tools yang digunakan untuk distro ini, khususnya di bidang instalasi Ubuntu dan menginstal aplikasi didalam Ubuntu.

Pada tahun 2010 ini pengembang ubuntu juga akan merilis versi terbaru yang selengkapnya dapat di baca di blog tetangga disini.

Distro Linux Laptop terbaik

Distro Laptop hampir jatuh ke pilihan yang sama dengan desktop, tetapi ada beberapa kriteria penting yang membuat perbedaan untuk mengevaluasi distro laptop terbaik. Power management, docking tools, dan kemudahan penggunaan WiFi sangat penting untuk dapat digunakan di mana saja. dan openSUSE adalah distro yang memenuhi semua kebutuhan tersebut.


Pada laptop, openSUSE unggul dengan tools konektivitas yang mudah digunakan yang tidak hanya menangani konektivitas WiFi, tetapi juga CDMA / koneksi modem selular.

openSUSE juga memiliki docking aplikasi untuk laptop yang sangat baik, termasuk manajemen dual-monitor dengan cepat. Power manajemen sangat handal untuk merinci baterai laptop Anda.

Desktop Linux Enterprise terbaik

Kategori ini penuh dengan pesaing besar juga, dan sulit untuk memilih hanya satu. Namun SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED) menunjukkan kualitas berbeda dari kandidat lainnya.


Alasannya sederhana:
SLED memiliki keungulan dari openSUSE Build Service, dan membuka layanan gratis yang memungkinkan aplikasi dibangun dan dikirimkan ke SUSE Linux dan openSUSE produk (serta Red Hat dan CentOS ).

Ini adalah perbedaan yang sangat penting dalam pengembangan desktop, Itu berarti bahwa SLED saat ini memiliki keunggulan membangun aplikasi dan penyebaran dalam arena enterprise.

Linux Enterprise Server terbaik

Di kategori ini terdapat dua pesaing utama yaitu Red Hat Enterprise Linux (RHEL) dan SUSE Linux Enterprise Server (SLES). Mengingat dikategori enterprise desktop ada SLES, maka dikategori Enterprise Server posisi RHEL tidak goyah, walaupun SLES juga adalah kandidat kuat disini.


Karena RHEL merupakan distro yang sangat matang, dan struktur dukungan Red Hat tidak ada duanya di jalur perusahaan.

Linux LiveCD Terbaik

Di kategori ini KNOPPIX adalah pilihan utama, walaupun banyak Distro LIVE CD yang lain namun KNOPPIX memiliki keunggulan tersendiri.

KNOPPIX adalah distro yang paling lengkap dan berguna. Dapat dipasang pada CD atau perangkat penyimpanan USB, KNOPPIX dapat memulihkan sistem Linux / Windows Anda dari crash / kerusakan.

Distro Linux Security Enhanced terbaik

Keamanan adalah yang paling utama, Linux secara inheren sangat aman dibandingkan dengan sistem operasi lain. Namun tidak semua Linux dapat dengan mudah Anda konfigurasi agar aman. Di kategori ini pemenangnya adalah BackTrack Linux.


Kenapa? karena diBackTrack Linux terdapat banyak tools yang dapat digunakan untuk memeriksa keamanan, menutup celah, dan mengunci sistem Anda.

Distro Linux Multimedia terbaik

Bagi Anda yang gemar dengan multimedia, ada distro Linux yang berisi tools yang tangguh untuk mengedit audio dan video. Saat ini yang terbaik adalah Ubuntu Studio.


Tools-set
yang sangat lengkap untuk audio, video dan produksi grafis, serta format dan dukungan codec untuk sebagian besar format multimedia.

Jadi.. dari sekian kategori di atas semoga dapat menjadi panduan Anda dalam memilih linux. Terima Kasih telah menyempatkan waktunya membaca artikel ini.. Semoga bermanfaat.



Comments

  1. kalo ubuntu bisa dinstall photoshop dengan perantara Wine?

    ReplyDelete
  2. lihat kompabilitas software-nya di situs resmi wine

    ReplyDelete
  3. ubuntu jd yg terbaik..
    ada ubuntu...kubuntu...ubuntustudio.
    kpn ya negeri ini buat os sendiri???
    yg lbih bandel dari linux, lebih user friendly dari windows...dan jauh lebih cantik dr osX???

    ReplyDelete
  4. Untuk photoshop bisa berjalan dengan wine mas, tapi saya merekomendasikan anda menggunakan GIMP, selain kompatibilitasnya pada sistem operasinya linux sangat baik GIMP mempunyai GUI yang sangat mirip dengan Photoshop sehingga anda akan lebih mudah beradaptasi.

    ReplyDelete
  5. To Determity# Sebenarnya distro linuk lokal sudah banyak mas, dan bahasa pemerograman buatan negri kita juga sudah ada (bahaya pemrograman ayu). jika ditekuni itu dapat menjadi dasar sistem operasi. Klo mas suka dengan tampilan desktop yang wah, mungkin dapat mencoba memasang Compiz fusion pada linux yang mas gunakan, dan dapat dipadukan dengan thema emerald yang menawan. tampilan dan effectnya menurut saya lebih baik dari windows maupun mac.

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Populer

Cara mudah menginstal Backtrack 3 Dan Backtrack 4 di Flashdisk

Malam yang dingin, daripada begulung dalam selimut mending posting tips di blog:)). Sedikit info untuk anda Backtrack adalah distro linux yang dirancang khusus untuk menguji keamanan dan merupakan generasi penerus dari Phlak dan Auditor, jika ingin mengetahui lebih lanjut dapat menggunakan jasa pencari om google karena disini kita hanya akan membahas tentang petunjuk penginstalan pada flashdisk saja.

Snow Leopard 10.6.1-10.6.2 Intel AMD by Hazard

Bagi anda yang ingin mencoba Mac Os Snow Leopard 10.6.1-10.6.2 versi Hazard, di bawah ini terdapat link downloadnya. Monggo disedot.